Sabtu, 08 Juli 2017

manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan

manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan  Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) yaitu tanaman yang termasuk juga kelompok famili lamicaeae/labiatae yang banyak didapati di Indonesia. Tanaman ini diakui banyak memberi manfaat untuk kesehatan kita. 
Tanaman ini sesungguhnya datang dari Afrika yang lalu menebar ke Asia serta Australia. 
Tanda-tanda Kumis kucing : Berbatang basah serta tegakBagian bawah berakar tunggangDaun bundar/lonjong, panjangnya sekitaran 1 s/d 10 cm. Tangkai bulat berwarna ungu kehijauanPosisi daun pada batang berselang selingTulang daun bercabang- cabangMahkota bunga berwarna putih atau putih keunguanBenang sari mencuat keluar serupa dengan kumis kucingPanjang tangkai daun 7 s/d 29 cmMahkota berbentuk tandan dengan panjang 7 sampai 29 cmBiji yang masih tetap muda berwarna putih kehitaman, sedang yang telah tua berwarna coklat kehitaman. 


Tanaman ini umum tumbuh ditanah yang subur, gembur, berhumus serta mempunyai tata air dan udara yang baik. Kandungan zat kimia seperti minyak atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak serta kalium diakui dapat mengobati beragam type penyakit. 
Mengenai sebagian faedah daun kumis kucing sebagai tanaman obat : 1. Faedah Daun Kumis Kucing Untuk Membuat lancar pengeluaran air kemih 
Faedah daun kumis kucing yang paling ampuh yaitu untuk sistem kencing. Satu diantara manfaat daun kumis kucing yaitu bisa membuat lancar keluarnya air kemih/air seni. Bila seorang susah dalam sistem keluarnya air seni, itu bermakna saluran kencingnya tengah alami infeksi. Infeksi saluran ini dapat berlangsung di saluran ginjal serta kandung kemih. Penyebabnya intinya yaitu ada bakteri yang diberi nama escherishia coli yang umumnya hidup pada kotoran serta usus manusia. 
Tandanya diantaranya : Merasa sakit ketika atau sesudah kencing. Rasa menginginkan kencing, walau demikian tak ada air seni yang keluarAir seni berwarna pekatNyeri di pinggangJika sudah menjangkau ginjal, umumnya dibarengi demam serta menggigil. 
Langkah Pemakaian : 
Untuk menangani hal itu, ambillah 25 gr daun kumis kucing fresh, rebus memakai 2 gelas air putih sekitaran 15 menit. Minum ramuan itu disore serta pagi hari semasing ½ gelas. 2. Daun Kumis Kucing Mengobati Rematik 
Rematik yaitu penyakit yang menyerang persendian, otot, serta urat. Penyembuhan untuk penyakit ini biasnya diperuntukkan untuk kurangi rasa nyeri, menyingkirkan peradangan, dan pelihara peranan persendian supaya tetaplah dalam kondisi baik. 
Penyeban reumatik belum juga bisa di ketahui dengan tentu, tetapi diduga penyakit ini dikarenakan oleh sebagian aspek, termasuk juga aspek genetik, infeksi karena virus, atau karna perubahan hormon. 
Tanda penyakit ini yaitu : Nyeri pada anggota gerak badanOtot jadi lemahTerjadi peradangan serta bengkak pada persendianSendi merasa kakuTerjadi kejang serta kontraksi pada ototGangguan peranan pada persendianBunyi pada sendiSendi goyahPerubahan bentuk organ badanAdanya tonjolan/nodul 
Ada cara-cara tradisionil yang dapat dipakai untuk menyembuhkan penyakit ini, salah satunya yaitu : rebus 5 helai daun kumis kucing dan daun meniran dengan 3 gelas air. Sesudah dingin, minum ramuan itu 3x satu hari semasing ½ gelas. 3. Daun Kumis Kucing Untuk Menyembuhkan batuk 
Batuk adalah type penyakit yang umum terkena oleh manusia. Penyebabnya batuk sendiri yaitu karna ada benda asing (debu, alergi, atau kuman) atau suatu hal yang merangsang selaput lendir. 
Menurut tandanya, batuk terbagi dalam sebagian type, yakni batuk kering batuk berdahak, bronchitis, batuk asma, dan batuk rejan. Umumnya penyakit ini diikuti dengan rasa gatal ditenggorokan, kadang-kadang juga dibarengi demam. 
Banyak obat dipasaran yang di tawarkan untuk menyembuhkan type penyakit yang satu ini. Dari mulai obat yang terbuat dari beberapa bahan kimia, hingga yang memiliki bahan ekstrak tanaman herbal. Mengenai ramuan tradisionil yang dapat menangani penyakit ini yaitu dengan memakai daun kumis kucing, langkahnya : Ambillah 15 s/d 20 gr daun kumis kucing yang masih tetap fresh serta 1 gelas air bersihSetelah dicuci bersih, rebus daun kumis kucing itu dengan satu gelas air barusan. Minum sepanjang 3 kali satu hari semasing sejumlah 1 gelas. 
Baik untuk batuk : 4. Daun Kumis Kucing Menangani Masuk angin 
Masuk angin yaitu penyakit yang diakibatkan karna ada perkumpulan gas yg tidak teratur didalam badan. Penyakit ini biasnya karena sebab penurunan keadaan badan karena kelelahan, kurang tidur, terlambat makan, kedinginan, atau bahkan juga karna cuaca panas yang ekstrim. 
Penyakit ini dapat terkena oleh semua umur, tetapi penyakit ini mungkin pulih tanpa ada kita butuh konsumsi obat-obatan. 
Mengenai tandanya diantaranya : Perut kembungBadan merasa dinginMata ngantukSelera makan menghilangDiare yang berkepanjangan 
Bila dilewatkan, penyakit ini dapat menyebabkan fatal seperti diare yang berkelanjutan, sesak nafas, sakit pada persendian, dan alami panas yang tinggi. 
Tersebut langkah tradisionil untuk menangani masuk angin : Sediakan daun kumis kucing serta satu gelas airCuci bersih daun itu lantas rebus dengan air barusan, biarlah sampai air rebusan cuma tersisa kurang lebih ½ gelas saja. Minum sesudah air rebusan itu dingin. 
Baik Untuk Masuk angin : 5. Kumis Kucing Menyembuhkan Asam urat 
Asam urat yaitu semacam penyakit yang menyerang sisi persendian terlebih sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, serta pergelangan tangan. Penyakit ini berlangsung karna ada mengkonsumsi zat purin yang terlalu berlebih.  Jika kandungan asam urat pada badan kita berlebihan, ginjal akan tidak dapat keluarkan zat itu, hingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Hal semacam ini menyebabkan sendi merasa nyeri, bengkak serta meradang. 
Mengenai tanda asam urat salah satunya : Munculnya rasa sakit/nyeri di bagian persendianSendi merasa ngiluKemerahan pada sendi 
Tanda ini umum berlangsung waktu kita bangun pagi. 
Mengenai langkah tradisionil yang bisa menyembuhkan asam urat diantaranya yaitu : Ambillah 4 s/d 5 lembar daun kumis kucing serta daun meniran yang masih tetap segar1 gelas air putihRebus semuanya bahan itu sampai air cuma tinggal ½ gelas saja. Minum ramuan itu paling tidak 3 kali satu hari. 
Herbal Beda untuk asam urat : 6. Daun Kumis Kucing Menyembuhkan Keputihan 
Keputihan atau flour albus adalah problem yang umu berlangsung pada wanita. Masalah ini dikarenakan oleh bakteri, virus, jamus, serta parasit. Keputihan dibedakan jadi dua type, yakni : Keputihan fisiologis, masalah ini berlangsung sebelumnya maupun setelah menstruasi. Atau mungkin saja pada saat subur seseorang wanita. Ini umum berlangsung tiap-tiap bulannya. Keputihan patologis, masalah ini berlangsung karena infeksi, umumnya diiring rasa gatal di vagina dan daerah sekitaran vagina sisi luar. 
Langkah Memakainya 
Satu diantara langkah tradisionil yang bisa menghindar serta menyembuhkan masalah ini yaitu dengan : 1 genggam daun kumis kucing1 genggam daun beluntas1 sendok teh jinten hitam10 biji kemukusAir seperlunyaCaranya : rebus semuanya bahan hingga mendidih, kemudian minum ramuan itu minimum 2 kali satu hari. 
Untuk anda yang keputihan, dapat coba : 7. Menyembuhkan kencing batu 
Kencing batu atau umum juga dimaksud batu ginjal yaitu satu diantara penyakit saluran kemih yang umumnya berbentuk infeksi, obstruksi, rasa sakit, serta metaplasia. Batu ginjal sendiri adalah massa keras seperti batu yang ada pada saluran kemih. Bila hal semacam ini berlangsung jadi akan muncul rasa nyeri, pendarahan, penyumbatan aliran kemih, atau infeksi. 
Tanda 
Mengenai tanda penyakit ini yaitu : Munculnya rasa nyeri hebat yang hilang-timbul di daerah pada tulang rusuk serta tulang pinggang, yang menyebar ke perut, daerah kemaluan serta paha samping dalam. Mual serta muntahPerut menggelembungDemam serta menggigilTerjadi pendarahan di air kemih 
Untuk menghindar penyakit ini, lakukan minum air putih yang banyak, jauhi minuman suplemen. 
Langkah Penyembuhan 
Tersebut panduan tradisionil untuk menangani penyakit itu : 90 gr daun kumis kucing segar1 gelas air putihCaranya : sesudah dicuci bersih, rebus daun kumis kucing itu dengan air sampai airnya tinggal ½ gelas saja. Minum ramuan itu sejumlah 3 kali satu hari. 
Baik untuk kencing batu : 8. Daun Kumis Kucing Menyembuhkan sembelit 
Sembelit adalah satu diantara masalah pencernakan, di mana berlangsung pengerasan tinja yang menyebabkan sulitnya buang air besar. 
Pemicunya diantaranya, minimnya mengkonsumsi makanan memiliki serat, rutinitas buang air besar yg tidak teratur, rutinitas memakai obat pencahar, perubahan hormon, dan buruknya alur makan. 
Tanda Sembelit 
Mengenai tanda sembelit salah satunya : Susah serta terasa sakit waktu buang air besarKram pada otot perutSering buang gas atau kentutNafsu makan menghilangMualVertigoPerut merasa berat 
Langkah menangani sembelitBanyak mengkonsumsi makanan berseratPerbanyak minum air putihOlahraga teraturPerbanyak makan buah-buahanRebus sebagian lembar daun kumis kucing dengan satu gelas air sampai mendidih. Sesudah dingin, minum ramuan itu. 
Baik untuk sembelit : 9. Daun Kumis Kucing Ampuh Menyembuhkan Diabetes 
Diabetes yaitu penyakit yang dikarenakan kandungan gula dalam darah bertambah. Di mana organ pankreas tidak dapat menghasilkan hormon insulin sesuai sama keperluan badan. 
Tanda diabetes beragam bergantung type diabetes yang anda punyai. Bila anda mempunyai kandungan gula darah lebih tinggi dari normal namun belum juga cukup dikategorisasikan jadi diabetes atau gula darah yang bertambah waktu kehamilan mungkin saja akan tidak alami tanda apa pun. 
Tanda penyakit ini diantaranya : Seringkali buang air kecil dalam jumlah yang besarSering hausBerat tubuh menurunMudah lelahSering kesemutanKalau terluka, susah sekali pulih. 
Mencegah yang dikerjakan : Mengkonsumsi makanan yang rendah kalori serta lemakSering berolah ragaMenjaga berat tubuh ideal 
Langkah Pemakaian 
Mengenai ramuan tradisionil yang bisa menolong kemungkinan diabetes adalahAmbil 15 lembar daun kumis kucing, bersihkan bersihRebus dengan 2 gelas air sampai cuma tersisa 1 gelas sajaMinum ramuan itu 1 kali sehari 
Baik untuk diabetes : 10. Kumis Kucing Mengobati sakit pinggang 
Sakit pinggang adalah yang dirasakan yang umum berlangsung pada orang-orang. Umum berlangsung saat kita sangat capek waktu menggerakkan kesibukan seperti menanggung beban berat atau waktu berlangsung salah tempat waktu kita mengangkat beban. 
Penyeban masalah ini salah satunya : Keadaan salah waktu membungkuk atau ketika mengangkat bebanGangguan mekanik yang berlangsung pada susunan peranan tulangPosisi salah waktu tidurKurang olah ragaSering kenakan high hill 
Langkah mencegahnya : Teratur berolahragaMengatur tempat yang nyaman waktu duduk maupun waktu tidurMenjaga konsumsi nutrisi yang tepatKurangi/jauhi merokokJangan mengangkat beban dengan tempat membungkuk. Minumlah ramuan yang terbuat dari rebusan daun kumis kucing serta akarnya minimum satu hari sekali. 11. Daun Kumis Kucing Menyembuhkan hipertensi 
Hipertensi yaitu keadaan yang umum berlangsung pada orang-orang di mana cairan darah pada badan begitu kuat menghimpit arteri. Makin banyak darah yang dipompa ke  jantung serta arteri menyempit, desakan darah akan bertambah. 
Tanda Hipertensi : Sakit kepala/pusingTerjadi mimisanWajah jadi kemerahanMerasa kekelahan 
Mengenai langkah untuk menangani penyakit ini, yaitu : Rebus 50 gr daun kumis kucing kering dengan air seperlunya. 
Seduh 50 gr daun kumis kucing basah dengan air panas 
Campur ke-2 ramua itu, lantas minum minial 1 gelas satu hari. Kurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan garamHindari merokok serta alkoholHindari stressOlahraga teraturPerbanyak mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan 
Baik untuk hipertensi : 12.  Mengobati Sipilis 
Sipilis adalah semacam penyakit kelamin yang dikarenakan oleh bakteri spirochaeta pallida atau treponema pallidum. Penyakit ini menyebar lewat jalinan seksual, baik vagina, l, rektum, anal, ataupun oral. 
Tanda penyakit ini yaitu : Pembengkakan pada getah beningTonjolan seperti kutil di daerah sekitaran anus serta ketiakMunculnya sakit/chancre (terkadang keluar sebagian luka) Ruam pada telapak tangan serta telapak kakiTimbulnya tanda flu seperti demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, kelelahan, pusingMati rasa mencakup kesusahan menggerakkan otot, lumpuh, bahkan juga kebutaan 
Penyembuhan tradisionil untuk penyakit ini yaitu dengan memakai manfaat daun kumis kucing yakni lewat cara merebus sebagian lembar daun kumis kucing dengan dua gelas air besih sampai air tesebut cuma tersisa satu gelas saja. Makanlah ramuan itu pada saat hangat. Meminum ramuan itu dengan teratur bisa menyembuhkan penyakit sipilis sekalian tingkatkan ketahanan badan13. Daun Kumis Kucing Menyembuhkan albuminuria 
Ini yaitu type penyakit yang diikuti dengan diketemukannya albumin didalam urine. 
Semua type penyakit yang diikuti rusaknya saringan ginjal seperti nefritis, sindrom nefrotik, hipertensi, serta tidak berhasil jantung bisa menyebabkan albuminuria. Termasuk juga lakukan olah raga berat, infeksi saluran kemis serta ketika demam tinggi bisa pula menyebabkan penyakit ini. 
Adapaun penyembuhan penyakit ini yaitu lewat cara menyembuhkan penyakit dasarnya. Contoh albuminuria karna hipertensi, jadi jalan yang ditempuh yaitu turunkan desakan darah itu. 14. Kumis Kucing Mengobati Radang ginjal 
sponsored links 
Adalah atau Glomerulonefritis semacam penyakit yang bisa mengakibatkan kerusakan ginjal. Ginjal alami problem untuk buang serta menyaring limbah hingga menyebabkan cairan pada badan berlebihan. 
Tanda radang ginjal : Kencing berkurangAir kecing berwarna keruh, kemerah-merahan, bahkan juga bercampur darahDisertai demamSakit pinggangBengkak pada pelupuk mata, tangan serta kakiPerut buncit 
Penyembuhan herbal penyakit ini yaitu : Sediakan 60 s/d 120 gr daun kumis kucing fresh, Rebus memakai 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas sajaMinum ramuan itu 3 kali satu hari. 
Baik untuk radang ginjal : 15. Kumis Kucing Menyingkirkan rasa gatal karena alergi 
Alergi adalah kegagalan kebal badan hingga badan jadi hipersensitif pada substansi spesifik, umpamanya serbuk sari, jamur, serta bulu binatang. 
Tanda alergi diantaranya : GatalMata berairBersin-bersin dan gatal pada hidungGatal-gatal yang menyebabkan ruamKelelahan 
Mengenai penyembuhan tradisionil untuk masalah ini yaitu : Sediakan semasing ½ genggam daun kumis kucing, daun sambiloto serta daun meniran. 2 jari temulawak4 gelas airCara pemrosesannya : Semuanya bahan di rebus sampai tersisa 2 gelas saja, lalu minum ramuan itu 2 kali satu hari semasing 1 gelas. 
Sekianlah sebagian kasiat yang dapat kita ambillah dari tanaman kumis kucing. Mudah-mudahan berguna. 

0 komentar

Posting Komentar