Minggu, 09 Juli 2017

manfaat terumbu karang bagi ekosistem laut dan makhluk hidup

manfaat terumbu karang bagi ekosistem laut dan makhluk hidup Terumbu karang ternyata bukan sekedar bermanfaat untuk biota laut, tetapi juga bermanfaat bagi kehidupan manusia. Terumbu karang sesungguhnya terbentuk lewat akumulasi zat kapur didalam laut yang makin mengeras hingga terbentuklah terumbu karang. Sampai kini, terumbu karang di kenal jadi sumber keindahan dari taman bawah laut yang sudah pasti bisa jadi daya tarik wisata air untuk satu lokasi. 


Tetapi lebih dari hal itu, kehadiran terumbu karang memberi peran untuk kehidupan yg tidak banyak diakui, seperti di bawah ini : 
1. Tempat Tinggal Untuk Biota Laut 
Faedah Terumbu Karang-Tempat Tinggal Biota Laut 
Kehadiran terumbu karang untuk berbagai type biota laut nyatanya sangat vital. Terumbu karang dapat dikatakan sebagai ujung tombak kehidupan biota laut. Hal itu karna terumbu karang berikut sebagai lokasi rumah paling utama, sekalian jadi fasilitas mencari makan untuk beragam type biota laut. Tidak tanggung-tanggung, jika kehidupan terumbu karang ini rusak, jadi kehidupan beragam biota laut di sekelilingnya akan selesai. 
2. Jadi Penahan Ombak serta Arus 
Faedah Terumbu Karang-Penahan Ombak 
Terumbu karang bahkan juga juga memiliki faedah untuk beberapa manusia.  Selain karna terumbu karang bisa jadi rumah untuk beragam biota laut yang indah, terumbu karang juga bisa jadi penahan ombak serta arus hingga lokasi di sekitaran pantai itu tidak gampang tergerus ombak. Hal itu sudah pasti begitu vital untuk kehidupan manusia, cuma saja, banyak manusia yang belum juga mengerti tentang perlunya melindungi keberlangsungan hidup terumbu karang yang berada di lokasi pantai itu. 
sponsored links 
Faedah Melindungi Kelestarian Terumbu Karang 
Terumbu karang di Indonesia yang populer dengan keindahan biota lautnya misalnya kawasan taman Laut Bunaken. Hal itu bisa berlangsung karna terumbu karang di daerah itu yang masih tetap cukup terbangun dengan baik hingga bisa jadi rumah untuk banyak makhluk laut yang begitu indah. Tidak cuma itu saja, di lokasi Raja Ampat juga di kenal mempunyai taman laut yang begitu indah. Tidak mengherankan, karna lokasi itu yang disebut lokasi konservasi bawah laut hingga terumbu karangnya masih tetap begitu terbangun keasliannya. 
Tetapi berlainan di wilayah Indonesia yang lain, terumbu karang telah banyak di rusak dan dihilangkan cuma untuk kebutuhan segelintir orang saja. Saat ini telah waktunya beberapa manusia juga mengerti kalau terumbu karang ini adalah tempat tinggal untuk beragam biota laut indah yang telah dengan layak serta sepantasnya untuk dijaga kelestariannya. Penjagaan pada keindahan dan keberlangsungan hidup terumbu karang sangat perlu dikerjakan dalam rencana melindungi juga keberlangsungan hidup biota laut yang berada di lokasi itu. Menjaga terumbu karang dengan baik, jadi lokasi pantai akan terlepas dari terjangan arus maupun gelombang dengan segera karna terumbu karang yang bisa jadi penahan alami pada terjangan ombak dan arus-arus itu dengan segera. Tidak cuma itu saja, bahkan juga manusia juga bisa ambil keuntungan dari ada terumbu karang yang tetaplah terbangun kelestariannya. Daerah terumbu karang bisa jadikan lokasi wisata alam, maupun jadi lokasi penyelaman serta riset. 
Beberapa hal itu adalah hal terutama yang perlu di ketahui tentang manfaat terumbu karang untuk kehidupan. Dengan mengerti peranan  terumbu karang untuk makhluk hidup ini, diinginkan ada kesadaran untuk menjaga kelestariannya serta bisa selalu ditingkatkan dari waktu ke waktu. Hal semacam ini akan beresiko baik untuk terumbu karang di Indonesia, supaya makin indah untuk di nikmati. 

0 komentar

Posting Komentar